Untuk merayakan 100 tahun usia Nelson Mandela, maka 2018 Global Citizen Festival pun berlangsung di Johannesburg, Afrika Selatan, Minggu, 2 Desember yang lalu. Festival tahun ini menampilkan pertunjukkan dari artis seperti Usher, Pharrell Williams dan Chris Martin, sementara Beyonce Knowles dan Jay-Z bertugas sebagai headliner.

Pertunjukan power-couple ini begitu luar biasa sehingga membuat para penonton merasakan antusiasme yang tinggi bahkan rasa haru. Tidak mengherankan, karena pasutri ini membawa kembali semangat dan euforia dari “On the Run II Tour” di Global Citizen Festival.

Tidak hanya itu, Bey bahkan memamerkan skill nge-rap dirinya saat membawakan ‘Apeshit’.

Yang menjadi kejutan adalah saat Bey mengajak Ed Sheeran untuk tampil di atas panggung dan untuk pertama kalinya secara live mereka membawakan single hits mereka, ‘Perfect’. Pertunjukkan dengan harmonisasi vokal prima inilah yang membuat banyak penonton kemudian meneteskan air mata alias menangis.

Misi dari festival ini sendiri adalah untuk mengumpulkan dana sebesar $1 miliar guna mengatasi krisis pangan dan meningkatkan akses kepada nutrisi yang sehat, mengakhiri penyakit tropikal, mengurangi angka transmisi HIV, menjamin pendidikan yang merata untuk setiap anak, reformasi hukum yang seksis, menyediakan dana untuk kesehatan perempuan dan keluarga berencana serta menjamin akses ke air yang bersih dan sanitasi yang sehat.